Selasa, 06 Mei 2014

asal mula kampung ucung

          
                   ASAL MULA KAMPUNG
             UCONG ATAU SUNGAI KULAT





 Pasa zaman dahulu hiduplah manusia yang tinggal di dalam hutan. pada masa itu mereka mencukupi kebutuhan hidup nya dengan cara berburu setiap hari, dari berburu mereka masuk ke hutan-hutan, pada suatu ketika mereka mengejar seokor rusa yang sanggat besar rusa pun terus berlari hingga mereksapun lelah.

 Setelah melepaskan lelah mereka pun berangkat lagi, hingga pada saat mereka berbincang-bincang anjing pun mengongong, mereka pun berlari dan menuju ke arah anjing itu dan ternyata yang di kejar anjing itu adalah seeokr rusa yang mereka cari. hati pun senang mereka pun segera menyusun strategi untuk menangkap nya, dan kemudian rusa itu terus berlari hingga sampai masuk ke sebuah hutan yang sanggat bagus .

Dimana selama ini mereka belum pernah masuk ke hutan itu. mereka pun menusuk rusa dengan bambu runcing sampai mati.malam pun tiba,mereka pun pulang, sesampai di rumah mereka berbicara lagi tentang hutan yang sanggat bagus. 

 Salah satu dari mereka berpendapat inggin tinggal di tempat itu. dan mereka pun setuju, pada suatu hari mereka pun pergi meninggalkan tempat semula mereka tempati. sampai di situ mereka binggung akan menamai tempat baru mereka itu. ?????????.

 Satu orang berpendapat seperti ini: bagai mana kalau nama ini kita beri nama ucong.karna seperti yang kita lihat banyak sekali pohon ucong ini yang ada disekitar kita. mereka pun setuju dengan usul orang itu tersebut. setiap hari mereka terus berburu,seperti biasa nya.

 Mereka pun bertambah banyak.kemudian,pada suatu ketika ada seorang dari mereka merubah nama kampung mereka itu menjadi nama sungai kulat. karna ia melihat nama itu lebih cocok dengan nama yang telah mereka tentukan.alasan nya mereka tinggal tepat nya di sungai yang besar ya itu sunggai sengayak,dan di tepi sungai sengayak banyak pohon yang bernama pohon kulat.

 Maka dari itu dia menamainya sungai kulat. yang mana ucong/sungai kulat ini terletak di Provesi Kalimantan Barat,Kota Pontianak, kabupaten Sekadau,kecamatan Belitang Hilir, Desa Menawai Tekam, dan Dusun Sungai Kulat.

1 komentar: